Bagaimana Membuat Blog yang Benar dan Mengetahui Bagian-bagian Pentingnya


bagaimana cara membuat blog yang benar


Untuk anda yang ingin bergelut di dunia Blogger, kali ini saya akan membuat artikel yang tujuannya untuk para pemula Blogger, yaitu cara membuat blog yang benar dan mengetahui bagian bagiannya.

Mungkin di sana banyak artikel yang searti, dan isinya berbeda.

Bagaimana membuat blog yang benar agar kelak blog anda bisa menghasilkan uang? Sebenarnya saya ingin membahas tentang niche blog terlebih dahulu, tapi berhubung di artikel bagaimana menjadi blogger yang sukses sudah saya jelaskan, silahkan baca. Jadi yang ingin saya bahas terlebih dahulu adalah Nama dan url blog.

Nama dan url blog

Banyak yang berpendapat bahwa nama seharusnya berkaitan dengan tema / niche. Itu benar, saran saya, jika anda ingin membuat blog yang kontennya hanya memfokuskan satu niche gunakan saja nama / judul blog yang ada kaitannya dengan niche anda. Lalu jika blog anda berniche campuran (gado-gado), gunakan nama yang unik menurut anda.

Untuk url blog, apakah harus sama seperti Nama Blog. Ya, saya rasa itu lebih bagus. Tapi saran saya, untuk url blog buat saja sesingkat mungkin. Url blog kalimatnya harus berhubungan dengan niche blog anda? Sebenarnya itu tidak terlalu harus, karena untuk sekarang banyak yang membuat url ataupun Nama Blog tidak ada kaitannya dengan niche blog. Contohnya saja OLX, yang dulunya toko bagus (ada kaitannya dengan niche) malah diganti OLX (yang tidak ada kaitannya dengan niche.

Tapi menurut saya, alangkah baiknya anda memakai saran saya. Karena itu gaya seo lama, dan kelihatannya masih ajib sampai sekarang. Dan perlu anda ketahui, situs - situs besar tersebut sebenarnya menang promosi. Lihat saja tayangan - tayangan iklannya di tv, jika anda mempunyai uang banyak. Coba promosikan berbayar, agar blog anda banyak pengunjung.

"Pada kalimat di atas ada kata seo, karena saya belum membuat artikel tentang seo dan anda belum mengetahui tentang seo, silahkan search apa itu seo di Google." To Newbie

Survei : 

Lebih bagus mana blog dengan url url-blog.blogspot.com atau urlblog.blogspot.com?

Kebanyakan para Blogger akan menyarankan tanpa tanda strip (-). Tapi ada juga yang menggunakan strip dan menurut saya blognya itu tergolong blog wow. Search saja Portal Uang, urlnya menggunakan strip.

Bahkan ada yang menyarankan, dari pada strip- lebih baik underscor_. Ntah saya baca darimana, saya lupa.

Namun banyak survei memperlihatkan bahwa url - url blog yang sukses tidak menggunakan tanda strip maupun underscore.

Saya ingin memberi saran lagi. Jika anda tidak ingin memakai saran saya di atas tentang nama dan url, silahkan saja anda pikirkan nama blog yang menurut anda menarik. Jika sudah terpikirkan, kita buat blog dengan nama dan url blog yang anda pikirkan tadi.

Langkah - langkah cara membuat blog

Untuk membuat blog sangatlah mudah, syaratnya anda harus sudah membuat gmail / sudah mempunyai gmail.

Setelah itu menuju link Blogger.com untuk membuat blog gratis terlebih dahulu sebagai pemula. Masuk menggunakan akun gmail, dan isi nama dan url blog yang ingin anda buat.

membuat blog 1 nganjukblog
Contoh alamat blog sudah ada yang pakai

Nah jika url blog yang sudah anda pikirkan tidak bisa anda pakai, sekarang keputusan anda tetap memakai dengan memaksakannya atau ganti lainnya. Jika ingin memaksakannya, anda bisa menambahkan Strip, Underscore ataupun Angka. Meskipun para Blogger menyarankan bahwa lebih baik jangan memaksakannya dengan tambahan seperti itu. Dan keputusan ada di tangan anda.

Saya pikir - pikir ada benarnya juga, jika kita memaksakan dengan menambahkan angka atau lainnya. Kita pasti sulit menyaingi url aslinya, yang tanpa tambahan.

Kembali pada langkah membuat blog. Jika Judul Url, dan Template sudah diputuskan dan tombol Buat blog! sudah aktif, sekarang klik. Selamat, anda telah berhasil membuat blog.

Bagaimana membuat blog yang benar sudah saya jawab dengan sepengetahuan saya. Dan sebenarnya, suksesnya blog bergantung pada bagaimana cara anda membangun blog anda. Saya sudah memposting artikelnya, dan artikelnya ya yang berjudul Bagaimana menjadi blogger yang sukses itu. Sekarang saya akan memperlihatkan bagian penting yang ada di dalam dashbord blog saja terlebih dahulu.

"Ubah domain bawaan anda blogspot menjadi domain TLD. Tutorialnya cari saja di Google ya."


Bagian - bagian penting blog yang perlu anda ketahui

Entri Baru : Di situ adalah tempat anda menulis (biasanya disebut halaman posting) sebuah artikel yang nantinya akan di publikasikan, dan menjadi sebuah postingan di blog anda. Jika sudah menjadi postingan, anda bisa melihat artikel anda di menu Pos.

Di menu Pos anda bisa mengedit artikel anda dan memperbaruinya kembali, jika ingin menghapus juga bisa.

"Berhubung saya belum membuat artikel tentang cara menghapus artikel yang benar, saya menganjurkan untuk anda membaca artikel tentang cara menghapus gambar di postingan yang benar."

Laman : Laman atau biasa disebut halaman statis. Tampilannya hampir sama seperti Halaman Posting, tapi kenyataanya berbeda. Laman cenderung digunakan sebagai halaman yang berisi tentang kebijakan - kebijakan blog anda. Seperti Privacy Policy, Disclaimer, About dan lain - lain.

"Agar lebih tau tentang perbedaan halaman posting dan halaman statis, silahkan cari tau di pencarian Google tentang perbedaannya."

Statistik : Di menu statistik terdapat sub menu lagi, tetap pada sub menu Ikhtisar.

matikan penayangan sendiri

Klik yang saya kotaki merah. Di situ adalah tempat untuk mematikan penayangan kita sendiri. Jadi ketika kita mengunjungi blog kita sendiri, kunjungan kita tidak akan dimasukkan pada penayangan yang ada di statistik (ikhtisar). Matikan penayangan anda, agar blog anda tidak terkena jinggling.

"Cari tau tentang Jinggling di pencarian Google. Ini penting untuk blog anda."

Tata Letak : Ini seperti halnya struktur tampilan blog anda, di halaman menu ini anda bisa menambahkan widget agar ditampilkan di blog anda.

Template : Menu yang sangat penting untuk blog. Anda bisa gunakan untuk mempercantik desain blog anda, megelola blog anda tentang kecepatan loading dan seo score template anda serta untuk menkaitkan kode - kode. Seperti kode meta Google Webmaster yang di taruh ada pada menu template agar Google Webmaster bisa menelusuri blog anda. Dan tentunya asih banyak lagi.

Setelan : Di menu Setelan ada sub menu yang akan saya bahas yaitu Dasar, Bahasa dan pemformatan, Preferensi penelusuran dan Lainnya. Saya akan menyeutnya Setelan Dasar, setelan bahasan dan bla ... bla... bla..

membuat blog2 - nganjukblog
Setelan Dasar

Di Setelan Dasar, berilah deskripsi blog anda. Ingat, yang benar - benar matang. Dan usahakan untuk tidak mengubahnya di lain waktu. Tulislah deskripsi blog anda di satu tempat, karena sebenarnya anda jga bisa membuat di bagian html template.

Lanjut pada bagian Setelan Bahasa dan pemformatan. Aturlah bahasanya dan juga waktunya.

Setelan bahasa dan pemformatan
Setelan bahasa dan pemformatan

Jika anda mengatur Bahasanya adalah United States, maka akan muncul menu lagi. Yaitu menu Penghasilan yang ada kaitannya dengan Google Adsense.

Lanjut lagi pada menu Setelan Preferensi penelusuran. Di sini, anda harus memberi deskripsi penelusuran lagi, berilah yang matang sama halnya deskrisi di menu dasar tadi.

Setelan preferensi penelusuran - nganjukblog
Setelan preferensi penelusuran

"Pada gambar di atas, ada teks robots txt khusus dan Tag tajuk robot khusus. Silahkan cari tahu tentang kedua hal itu, karena itu penting untuk blog anda. Kedua hal itu berkaitan dengan Duplicat Content."

Terakhir di menu Setelan Lainnya. Untuk menghapus blog anda, ada pada menu ini. Dan juga untuk menaruh kode Analystic juga ada pada menu Setelan Lainnya ini. Silahkan gunakan semsetinya.


Semoga artikel ini sudah berkualitas di mata anda (pembaca) khususnya bagi mereka yang baru menjadi Blogger (pemula).

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Bagaimana Membuat Blog yang Benar dan Mengetahui Bagian-bagian Pentingnya"

Loker mantab said...

gan ajarin saya ngeblok donk.....saya newbe..saya nganjuk juga...he

Nganjuk Blog said...

sebisa saya kalo ada yang dipertanyakan saya bantu

Post a Comment

Di "Nganjuk Blog" Anda bebas berkomentar asalkan sesuai topik dan bahasa yang baik. Dan dilarang berkomentar dengan kalimat - kalimat provokasi.