3 Bahaya Blogwalking di Facebook yang Merugikan Blogger

Bahaya blogwalking di facebook - nganjuk blog


Kita para Blogger pasti sudah tidak asing lagi mendengar kalimat Blogwalking. Blogwalking adalah proses saling mengunjungi blog dengan kesepakatan para blogger. Misal saya mengepost di grup Facebook, saya menawarkan blogwalking untuk saling follow blog. Jadi nanti kalau ada yang follow, saya follow balik blognya.

Salah satunya seperti itu, yang lainnya bisa saling berkomentar ataupun hanya mengunjungi saja.

Berhubung judul artikel yang saya buat tentang bahaya blogwalking di Facebook, jadi saya hanya akan membahas mengenai blogwalking di facebook saja.

"Ada juga blogwalking di blog - blog Dofollow, cari tahu di Google jika ingin mengetahui hal ini."

Blogwalking di Facebook kebanyakan dilakukan di grup - grup facebook. Salah satu grupnya adalah Blogger Indonesia. Sebelum anda melakukan blogwalking, mending anda simak dulu bahaya - bahaya blogwalking di facebook. Dan kita harus mencegahnya sebelum bahaya ini menggagalkan rencana kita untuk menjadi blogger yang sukses.

Pertama adalah Jinggling


Sudah banyak yang menjadi korban dari visitor jinggling. Jinggling yang saya tahu adalah visitor yang melunjak tidak semestinya pada blog kita, tetapi bukan visitor berupa manusia (organik) melainkan bot (auto visitor). Hal ini akan merusak reputasi blog anda di mesin telusur, khususnya Google.

Siapa yang melakukan jinggling?

Mereka (blogger) yang usil, atau mereka yang iri dan tepatnya mereka yang berbuat jahat.

Untuk mencegah terjadinya jinggling, biasanya dengan menyeting Robot.txt di blog anda.

Cara menyeting robot.txt


1. Masuk akun Blog anda yang ingin di atur robot.txt nya. 

2. Pilih Setelan, kemudia Preferensi penelusuran.

3. Aktifkan robot.txt khusus dan ketikkan seperti di bawah ini

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: Googlebot
Disallow: /search
Disallow: /?m=1
Disallow: /?m=0
Disallow: /*?m=1
Disallow: /*?m=0
User-agent: *
Disallow: /search
Sitemap: http://nganjukblog.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

Ganti urlnya, kemudian simpan.

Yang saya tahu hanya itu, silahkan anda cari lagi lainnya di Google. Kalau ketemu bisa di share kepada saya di komentar bawah.

Kedua adalah blog AGC (Auto Generated Content)


Yang saya tahu blog AGC itu blog yang meng copas seluruh artikel dari blog lainnya. Tapi ada perbedaan, misal hanya menambah kalimat pembuka artikel dan kalimat penutup saja. Tetap saja berpengaruh terhadap blog aslinya.

Biasanya pelaku - pelaku blog AGC ini mencari sasaran di grup - grup blogger facebook. Jadi para blogger, berhati - hatilah dengan teknik hitam ini.

Dampak yang di dapat dari blog kita yang terkena AGC akan sangat susah meningkat di mesin pencari, dan bisa terdeteksi duplicat. Malah bisa jadi rangking blog AGC lebih unggul dari blog korban AGC di mesin telusur.

Cara mencegah blog terkena AGC


Seorang pelaku yang saya tahu melakukan teknik AGC melalui Feedburner. Jadi jangan kaitkan blog anda dengan feedburner / RSSfeed. Jika sudah terjadi, hapus aja.

Jika anda tidak ingin menghapus, anda bisa melakukan pengaturan pada Umpan Situs blog anda.

Bagaimana cara melakukan pengaturan Umpan Situs?

Silahkan masuk pada blog yang akan diatur, kemudian pilih Setelan. Setelah itu pilih Lainnya.

Setelan umpan situs blog.png
Setelan Umpan Situs

Lihat gambar di atas, silahkan anda ganti menjadi Singkat. Seperti yang saya kotaki merah pada gambar.

Ini fungsinya seperti Read More kalau di tampilan blog. Jadi tidak akan menampilkan seluruh isi post di rssfeed. Oh ya, jangan lupa kasih link menuju artikel lainnya di setiap konten anda (link internal).

Ketiga adalah banned Google Adsense


Tau nggak kalau blogwalking bisa mengakibatkan dibannednya iklan Google di blog anda?

Nah, hal ini juga bisa terjadi di Blogwalking facebook.

Google adsense bisa dibanned karena klik iklan sembarangan. Misalnya klik iklan berkali - kali dalam waktu yang sangat singkat.

Hal ini biasanya dilakukan oleh mereka yang iri melihat blog orang lain sukses, pelaku biasa disebut pecundang.

Sebenarnya klik iklan itu adalah tindakan yang diharapkan setiap publisher periklanan. Karena dikliknya iklan, berarti penghasilan bertambah. Namun pihak periklanan juga memiliki kebijakan tersendiri, seperti Google Adsense.

Google adsense memiliki TOS, seperti tos artikel. Dan yang berkaitan seperti di atas adalah, google adsense melarang publisher mengeklik iklannya sendiri dan dilarang menyuruh orang untuk mengeklik iklannya.

Pikiran saya, mungkin pihak google adsense menyangka bahwa klik berkali - kali itu menyalahi tos google, seperti tos yang saya sebutkan di atas.

"Untuk mengatasi bahaya banned GA ini terjadi, coba search di Google bagaimana mengatasinya. Karena saya pernah membaca postingan Blogger di Facebook, bahwa ada yang membatasi jumlah klik hanya satu kali, jadi klik lainnya tidak terdeteksi oleh pihak Google Adsense."


Nah itulah tiga bahaya blogwalking di facebook, selain menguntungkan, ternyata ada bahaya yang harus diketahui ya supaya kita bisa mencegahnya terjadi. Blogwalking sebenarnya terlalu beresiko untuk seorang blogger, jika ingin tidak lagi melakukan blogwalking cobalah pelajari SEO dan membuat konten berkualitas.

Bagiamana jika kita sudah terjaring tiga bahaya di atas?


Yang pasti, dampak negatif yang akan didapat seorang Blogger. Selain rugi, pasti juga akan merasa malas membangun blog yang sudah lama dibangun.

Tapi, kita harus tetap semangat. Percayalah kita masih bisa sukses, melebihi apa yang telah luntur. Dan karma tetap berlaku bagi yang melakukan tindakan kriminal tersebut.

Pesan saya untuk para pelaku, jangan melakukan tindakan - tindakan seperti di atas. Jika pernah, cepatlah berhenti. Kita sama - sama blogger, kita juga masih sama penduduk Indonesia. Jadi jangan lukai saudara sebangsamu.

Terakhir, jika anda tertarik membaca artikel lagi, silahkan baca artikel yang saya suguhkan mengenai bagaimana belajar yang baik.

Update!!!

Selain ketiga bahaya di atas, saya mendapat lagi satu bahaya blogwalking yang sudah saya share dan bisa anda baca di artikel tentang Bounce Rate Blog.

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "3 Bahaya Blogwalking di Facebook yang Merugikan Blogger"

Mukhsin Pro said...

Sangat bermanfaat gan, terima kasih.

yyyyyyyyy said...

wah... harus lebih hati-hati nih, thanks ya infonya

Saliman SP said...

Ane udah kena agc kayaknya blognya yang otomotif asem

Saliman SP said...

Ane udah kena agc kayaknya blognya yang otomotif asem

Nganjuk Blog said...

bisa di setting mas pengaturannya, biar ga kena AGC lagi.

Nganjuk Blog said...

sama - sama mas, terimakasih sudah berkunjung di nganjuk blog.

Helmi Arrazi said...

Artikel yang bermanfaat. Jadi, lebih waspada lagi gan

Nganjuk Blog said...

Iya, hati-hati

Post a Comment

Di "Nganjuk Blog" Anda bebas berkomentar asalkan sesuai topik dan bahasa yang baik. Dan dilarang berkomentar dengan kalimat - kalimat provokasi.